Sabtu, 21 Desember 2013

RPP TEMATIK KELAS 4 SD SEMESTER 1


A.    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
1.      Pengertian RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

2.      Contoh RPP Tematik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan     : SD N Kwarasan 01                                                    
Kelas/Semester           : IV/1
Tema                          : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                   : 1. Keragaman Budaya Bangsaku
Pertemuan Ke            : 1
Alokasi Waktu           : 6 x 35 menit

A.   Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba (mendengar, melihat, membaca) serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yag mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
PPKN
1.      3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah, dan masyarakat.
2.      4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkunan rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.      4.4 Mengelompokkan esamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat).

IPS
1.      3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
2.      4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

SBdP
1.      3.3 Membedakan panjang pendek bunyi, dan tinggi rendah nada dengan gerak tangan.
2.      3.4 Mengenal tari-tari daerah dan keunikan geraknya.

BAHASA INDONESIA
1.      3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tntang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulisdengan memilih dan memilah kosakata baku.
2.      4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bBahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih kosakata baku.

C.    Indikator
PPKN
·      Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
·      Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran
·      Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia

IPS
·      Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan

SBdP
·      Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” dengan tinggi rendah nada yang sesuai

BAHASA INDONESIA
·      Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran

D.    Tujuan  Pembelajaran
1.    Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar
2.    Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang” siswa mampu mengolah Informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar
3.    Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar
4.    Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar
5.    Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai

E.     Materi Ajar
1.      Keragaman Budaya
2.      Teks bacaan “Mengenal Suku Minang
3.      Contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
4.      Membedakan tinggi rendah notasi

F.     Alokasi Waktu
6 X 35 menit

G.    Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan : Sainitifik ( Scientifik)

H.   Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka

-          Guru memberikan salam dan mengajak berdoa (religius)
-           Mengecek kehadiran peserta didik
-          Guru mengajak siswa menyanyikan lagu
“Dari Sabang sampai Merauke“
-          Guru menayangkan gambar keragaman budaya  dari beberapa pulau yang ada di Indonesia.
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup yang akan dipelajari, yaitu keragaman budaya bangsa, mengolah informasi dalam bentuk peta pikir, contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia, dan membedakan tinggi rendah notasi
6  x 35 menit


Kegiatan Inti
-          Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok.
-          Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama pembelajaran, yaitu kegiatan pembelajaran diskusi menjawab pertanyaan berdasarkan peta yang di amati ( lembar kerja I). 
-          Setelah menjawab pertanyaan, salah satu perwakilan siswa dalam tiap kelompok  mempresentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain secara bergiliran.
- Diharapkan setiap anggota kelompok yang mendengarkan akan memberikan masukan atau komentar.
Setelah itu guru dan siswa   akan menyimpulkan bersama.
-          Peserta didik membaca teks “Mengenai Suku Minang”. Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskan dalam bentuk peta pikiran.
-          Peserta didik berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut didepan kelas

-          Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa (hal. 5)
Guru mengajukan pertanyaan untuk menggiring siswa pada pelajaran berikutnya
pertanyaan dan kegiatan penggiring:
1.      Dari manakah asal daerah kalian?
2.      Apakah ciri khas daerahmu?

-          Siswa mencari asal usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, rumah adat, bahasa, upacara adat dan lain-lain).
-          Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara. Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
-          Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
-          Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman.

Setelah melakukan kegiatan diatas, guru mengajak siswa untuk meningkatakan kebanggaan mereka menjadi anak Indonesia melalui kegiatan bernyanyi.
-          Guru memberi contoh menyanyikan lagu tersebut dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada. Siswa bernyanyi bersama.
-          Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
-          Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” .
-          Setiap kelompok berpresentasi di depan kelas.
-          Siswa di beri penguatan tentang pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
-          Semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia
-          Siswa juga menuliskan perilaku yang menujukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
-          Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.
-          Siswa menjawab pertanyaan renungan yang ada pada buku siswa.
-          Guru dapat menambahkan pertanyaan renungan ( Lampiran renungan hal. 150)
Kegiatan Penutup
Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan:
 
a. Apa yang kalian pelajari dari kegiatan hari ini?

b. Kegiatan apa yang paling kalian sukai? Mengapa?

c. Kesulitan apa yang kalian temui?

d. Hal baik apa yang bisa kamu terapkan  dalam kegiatan sehari-hari? Serta jelaskan mengapa kamu perlu menerapkannya.

Tugas Kelompok:
Buatlah kliping yang bertema keragaman budaya bangsa Indonesia !

Doa penutup dan salam

                                                                                           
                                                                                                Grogol, ……………..,20…..
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN Kwarasan 02


Al Amin, S. Pd
NIP. 19580711 197802 2 002

Guru Kelas IV


Harjanto Fachry R, S. Pd
NIP. 19590918 198201 2 006



I.       PENILAIAN :
Penilaian
1.      Daftar periksa untuk peta pikiran. (Bahasa Indonesia)
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Peta pikiran memuat rumah adat


Peta pikiran memuat bahasa


Peta pikiran memuat makanan tradisional


Peta pikiran memuat tarian tradisional




2.  Daftar periksa untuk sikap menunjukkan keberagaman. ( IPS dan PPKn)

Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Menulis 5 sikap menghargai keberagaman


Menulis 5 sikap yang tidak menghargai keberagaman



 3. Daftar periksa untuk menyanyi. (SBdP)

Kriteria penilaian
Ya
Tidak
Bernyanyi sesuai dengan intonasi


Bernyanyi sesuai dengan tinggi renda



4.  Rubrik diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

(3)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih  perlu diingatkan
(2)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
(1)
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat

(3)
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjuk teman
(2)
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman
(1)
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi
(3)
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespons sesuai dengan topik

(2)
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung


(2)
Keruntutan berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal hingga akhir
(3)
Menyampaikan pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten
(2)
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut


(1)

Catatan : Centang  ( √ ) pada bagian bagian yang memenuhi kriteria
   Penilaian       :  total nilai x 10       
                                                              8

5.  Penilailan sikap ( Peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu)


J.      Sumber dan Alat Bantu Pembelajaran:
Peta budaya(ada pada buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”.

Mengetahui,

..............,.....................................
Kepala Sekolah . . . .

Guru Kelas IV



..................................................

......................................................
NIP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar